Sabtu, 07 September 2013

CLEAN ENERGY

RIDWAN BIMA ARYA
Clean And Sustainable Energy for Indonesia : Local Act for Global Impact
Sub tema : Green Energy

            Dewasa ini krisis energi di dunia khususnya di negara kita sendiri Indonesia sudah marak dibicarakan. Krisis energi di Indonesia ini terjadi karena mulai langkanya sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, terutama minyak bumi. Krisis energi seperti ini menuntut sumber daya manusia untuk menemukan cara pengganti energi yang didapat dari minyak bumi, salah satunya dengan energi hijau.
            Energi hujau (Green Energy) sendiri adalah sumber energi ramah lingkungan, dapat diperbaharui yang berasal dari alam sekitar seperti panas bumi, tanaman hijau (biomassa), atau sering disebut energi hayati (biofuel). Energi hijau dapat diperbaharui selama ada bantuan faktor lain, seperti adanya tanah, matahari, air dan angin. Energi hijau sangatlah potensial bila dikembangkan di Indonesia. Indonesia merupakan negara yang kaya akan potensi sumber daya alam terbaharukan, seperti energi hijau. Karena :
  1. Indonesia merupakan negara agraris (negara pertanian)
  2. Cuaca di Indonesia sangat mendukung (tersedia cukup sinar matahari, angin, air, tanah yang melimpah)
  3. Iklim tropis yang sangat cocok
  4. Meningkatkan lapangan pekerjaan (bila dikembangkan secara maksimal)
Indonesia sendiri adalah negara yang memiliki gunung api aktif terbanyak di dunia. Maka dari itu Indonesia memiliki sumber daya alam, yaitu panas bumi yang melimpah. Sumber panas bumi atau panas bumi yang sering disebut geothermal ini tersebar hampir ke-seluruh wilayah Indonesia. Titik geothermal yang banyak di Indonesia terhitung sebanyak 299 titik, tapi hanya sekitar 8 yang baru dimanfaatkan oleh pertamina, dan beberapa oleh pihak swasta. Panas bumi sendiri jika dikelola dengan baik akan dapat digunakan untuk berbagai sumber daya, terutama sumber daya pembangkit listrik tenaga panas bumi yang ramah lingkungan. Terhitung kebutuhan listrik Indonesia sangatlah besar, untuk mengurangi ketergantungan pada minyak bumi pemanfaatan panas bumi ini wajib digalakan oleh pemerintah Indonesia. Melihat potensi geothermal yang ada di bumi tercinta ini.
            Melihat negara Indonesia berada pada iklim tropis, yang memiliki curah sinar matahari tinggi dan hampir setiap tahun mendapat sinar matahari energi hijau satu ini patut untuk dipertimbangkan. Panel surya, yang terdiri dari sel surya, aki, konverter wajib dimiliki untuk mengubah sinar matahari menjadi energi listrik. Instalasi panel surya dimungkinkan untuk pemungkiman atau wilayah Indonesia yang berada di pelosok – pelosok yang tidak terjangkau listrik. Penduduk dekat lokasi penulis tepatnya di daerah Piyungan, Bantul adalah tempat yang berada jauh dari jangkauan listrik, untuk itu saya melakukan observasi di lokasi setempat.
Pemungkiman warga setempat memperoleh listrik dari cahaya matahari, yap, yaitu panel surya. “Warga mendapatkan panel surya dari instansi mas, yaitu Universitas Gadjah Mada,” kata Bapak Sugiarto (ketua warga setempat). “Untuk instalasi (pemasangan) dilakukan oleh pihak UGM sendiri,” tambahnya. Beliau mengaku 1 unit sel surya (ukuran sekitar 70 x 50 cm) bisa menghidupkan 3 lampu sebesar 30 watt selama sehari (12 jam). Kehematan listrik bisa mencapai 1,08 kWh untuk sehari. Selama 1 bulan dapat menghemat listrik 32,4 kWh. Data diatas hanya untuk 1 rumah, apabila dikembangkan tentu dapat menghemat kebutuhan lisstrik kita.
Warga sekitar juga menggunakan panel surya sebagai energi alternatif, terhitung ada sekitar 7 rumah. Pengembangan panel surya di seluruh Indonesia tentu akan sangat berpengaruh bagi kehematan energi yang tidak terbaharukan. Disamping itu, pengembangan tenaga surya di Indonesia sangat bergantung pada pemerintah dan pengembangan ini dirasa sangat cocok untuk iklim tropis seperti di Indonesia ini.
Indonesia berpeluang untuk menjadi pengembang energi terbaharukan di dunia, khususnya energi hijau. Energi yang didapatkan dari tanaman hijau ini dapat diperoleh dari berbagai macam tanaman hijau, misalnya kelapa, kelapa sawit, tanaman jarak, singkong dan masih banyak lagi tanaman yang mampu menghasilkan energi alternatif. Tanaman di atas adalah tanaman yang sering kita jumpai, bahkan mudah berkembang / hidup di wilayah Indonesia dengan melihat karakter setiap daerah.
            Minyak bumi yang dibangga – banggakan oleh bangsa Indonesia ini lama kelamaan pasti akan habis.Tindakan pemerintah untuk mengembangkan teknologi ini sangat dibutuhkan. Tidak hanya untuk kita sekarang tetapi juga untuk generasi yang akan datang. Bayangkan bila Indonesia mampu mengembangkan teknologi energi hijau ini, apa yang terjadi untuk generasi yang akan datang?
            Teknologi energi hijau memiliki 3 cara pengembangan, yaitu dengan cara pembakaran (langsung), pembuatan gas biomassa, dan mengubah menjadi bahan bakar cair.
a)      Teknologi pengolahan energi dengan cara pembakaran sudah banyak dilakukan, bahkan sudah mulai dikenal sejak dulu. Pengolahan ini misalkan melakukan pembakaran kayu (kayu bakar), seperti untuk memasak, menghasilkan uap pembakit listrik, atau bahan bakar industri yang menggunakan uap. Namun tindakan ini harus dilakukan secara efektif, agar tidak terjadi penebangan pohon / hutan secara berlebihan,
b)      Teknologi pengolahan energi dengan pembuatan gas biomassa, pada proses ini dibutuhkan proses fermentasi yang menghasilkan gas metana yang akhirnya bisa dibakar.
c)      Teknologi pengolahan energi dengan mengubah menjadi bahan bakar cair. Pengolahan yang ketiga ini sering kita jumpai dan mudah untuk dikembangkan juga. Energi yang dihasilkan memiliki bentuk cair, seperti tanaman energi alternatif satu ini, siapa yang tidak mengenal tanaman jarak? Biji jarak yang diekstrak ini dapat menjadi bahan bakar pengganti BBM yang sekarang ini memiliki harga tinggi, Rp.6.500,- per liter. Tentu ini akan lebih membantu serta menghemat biaya yang dikeluarkan.
Pengolahan serta sumber daya alam diatas merupakan bagian kecil yang sangat potensial dikembangkan di negara Indonesia. Pengembangan yang baik adalah pengembangan yang dilakukan secara efektif, cermat, tepat sasaran dan dibutuhkan kerjasama antara pemerintah dan masyarakat. Indonesia berkembang akan mempengaruhi segala kebutuhan sumber daya di dunia. Energi hijau untuk masa depan, selamatkan generasi kita.
Energi terbaharukan di daerah Piyungan, Bantul (dekat lokasi penulis)


Minggu, 11 Agustus 2013

DUA KATA, JADI PRESIDEN?

Kalau anda ingin hidup mewah, JANGAN JADI PRESIDEN!

JADI PRESIDEN, belum tentu "SUKSES"??


Mungkin tak perlu dijelaskan lagi apa itu "PRESIDEN"

Kenapa??
Karena setiap anak-anak (TK dan SD misalnya), apabila bu guru bertanya.


"Apa cita-citamu?", pasti ada siswanya menjawab "presiden buk!"


"Siapa yang pengen jadi presiden?", pasti salah seorang bahkan lebih menjawab "Siap SAYA!!"


Nah, dari situ sudah diketahui bahwa anak-anak SD pun sudah "TAHU" tentang presiden. Yah, hanya sekedar tahu, tetapi belum "KENAL" atau "MENGENAL"-nya.

Eeeittss masih bingung antara tahu dan kenal?? Yap, ane akan kasih tau nih #pengalaman ceritanya

Tahu adalah mengetahui sesuatu/seseorang secara fisik atau nama. Misalnya, dia presiden, dia Budi
 sedangkan,
Kenal adalah mengetahui sesuatu/seseorang baik fisik, kepribadian, maupun pekerjaannya. Misalnya, pekerjaan presiden apa saja
 Awal SD saya gak tau apa itu presiden? Saya berpikir bahwa dia bekerja cuma sebagai kepala negara.
Ternyata semakin pendidikan kita tinggi dan dewasa, saya lebih mengertia apa itu presiden.


Kenapa banyak orang pengen jadi presiden?

Ane kasih tau, mungkin kebanyakan orang pengen jadi presiden untuk memajukan bangsa. Disamping itu gaji presiden dan wakil presiden yang besar membuat orang berpikir bahwa menjadi presiden akan hidup mewah dan sukses.




Nah, jangan salah bro. Jadi presiden gak bisa hidup mewah, kenapa??

Hidup mewah idenik dengan rumah gedhe, gaji gedhe, punya segalanya, bisa bebas dengan pekerjaan, tidak ada tanggung jawab besar, ngopi di pagi hari, spa, berenang, main di halaman rumah. Tapi hidup mewah ala presiden tidak demikian.
Presiden memiliki tugas yang banyak dan penting, tidak hanya itu kegiatan presiden (yang berhubungan dengan pekerjaan) selalu mendapat awasan dan tanggung jawab yang BESAR. Kegiatan pribadi presiden pun tidak luput dari yang namanya pers.
Untuk itu kenapa menjadi presiden bukan lah, hidup mewah.


Dan jangan salah, jadi presiden belum tentu "sukses". Kenapa??

Sukses menjadi presiden tentu, tapi belum tentu sukses untuk apa yang didapat dan pertanggung jawabannya.
Dalam agama saya #ceramah sedikit, islam. Mengajarkan bahwa



"Jadi pemimpin pertanggung jawabannya tidak hanya didunia melainkan di akhirat kelak"

Untuk itu, bisa saja seseorang sukses didunia (yang dipimpinnya) tetapi belum tentu sukses di akhirat. Kenapa?? 
Mungkin caranya untuk mendapatkan kesuksesan di dunia menggunakan cara yang bisa dikatakan haram atau salah.
Nah, masih berpikir jadi presiden sudah tentu sukses?

INFO NIH GAN, klik di sini
MASIH ADA GAN, klik di sini
ANDAIKAN?? Andai jadi PRESIDEN

Saya tidak berbicara mengenai action, melainkan modal dasar. Yap, SIFAT

Kebanyakan orang (yang nyalon jadi presiden nih) berpikir matang-matang apa yang harus saya lakukan besok? Dengan menge-list daftar misi dan visi mereka.
Mereka ingin memajukan bangsa Indonesia ini
mereka ingin memberantas korupsi
mereka ingin menyejahterakan rakyat
mereka ingin membangun semua aspek dlm bidang masyarakat
mereka ingin Indonesia jaya
mereka ingin mengembalikan Indonesia pada masa kejayaan yang dulu
mereka ingin
mereka
ingin ingin ingin

Yap, tidak sedikit masyarakat yang menilai mereka (para capres dan cawapres gan) meng-obral janji.

Karena, mereka (masyarakat) berpikir or merasakan bahwa janji-janji yang dilontarkan tidak pernah mereka rasakan realitasnya setelah ± 5 tahun menjabat.


Tapi, menurut orang satu dengan yang lain tentu berbeda presepsi.

Andai saya menjadi seorang presiden, saya tidak akan mendengung-dengungkan janji-janji. Ada 2 kata yang akan saya terapkan. Yaitu FOKUS dan SUKSES.

Maksudnya??
Benar bro, masalah di negeri ini memang banyak sekali dan terus berlanjut bahkan bercabang-cabang. Masalah ini muncul, eehh yang satu muncul dan harus ditangani juga. Nah lho, bingung kan??
Yap, sikap FOKUS diperlukan dalam hal ini. Misalkan saja nih, ada masalah A dan masalah B. Kita lihat manakah dari kedua itu yang merupakan prioritas pertama. Misalkan masalah A, ya kita harus fokus pada masalah itu dan dituntaskan segera sehingga bisa menyelesaikan permasalahan B.
Jangan sampai pikiran kita (sebagai pemimpin) tidak terfokus dan malah bercabang. Tau sendiri ntar masalahnya tidak cepat kelar dan tambah lanjut #nah lho
Untuk itu andai saya sebagai presiden sikap atau tindakan saya adalah FOKUS. Tentu saja dibarengi dengan
CERMAT, TUNTAS serta BERTANGGUNG JAWAB.

Masih bingung dengan yang dimaksud SUKSES di atas?
Saya di atas telah menyinggung, bahwa arti sukses tidak hanya di dunia ini. Melainkan juga ada pertanggung jawaban diakhirat sana #mulai ceramah lagi nih gan
Andaikan saya menjadi kepala negara RI maka sukses harus dibangun.

Bagaimana?
Begini, dalam agama saya. Ada 7 golongan manusia penghuni surga. Salah satunya "pemimpin yang bertanggung jawab".
Dari kalimat di atas saya ingin menerapkan SUKSES yang disertai tanggung jawab. Sehingga dengan demikian bila kita SUKSES dengan apa yang kita pimpin sudah barang tentu negeri ini memiliki kepercayaan atas apa dan siapa yang memimpin mereka.
Karena kepemimpinan ada pertanggung jawabannya.

Karena Indonesia SUKSES berasal dari pemikiran dan cita-cita kecil KITA!!!!

Senin, 05 Agustus 2013

CETAK KALENDER 2014? KE www.ceraproduction.com AJA!

CETAK KALENDER 2014?
 Kalender, benda pengingat satu ini siapa yang tidak tahu? Yap, kalender adalah sebuah alat dimana kita bisa memberi nama dalam periode waktu. Tanggal dalam kalender dapat mengingatkan kita akan pentingnya suatu hal.

Sering seseorang melupakan hal-hal penting dalam hidupnya, kapan dia melakuakan hal itu atau apa yang akan dia lakukan. Kalender adalah solusinya. Benda yang kita sering pajang di dinding, diletakkan diatas meja, atau bahkan cuma sekedar "note" tanpa perhatian khusus merupakan benda yang sangat penting. Tidak heran seseorang yang ingat akan tanggal kapan mereka menikah, jadian atau membeli rumah tertuang dalam sebuah coretan atau lingkaran pada tanggal KALENDER. Tidak hanya masa yang telah lalu dapat tertuang, teteapi masa depan!

Bukankah kita memiliki rencana masa depan? yap, tahun 2014. Masih belum tahu dimana kita dapat memperoleh benda yang mengingatkan kita, salah satu kunci sukses kita mendatang? Sebuah bahkan beribu kalender tahun 2014?

Saya berikan solusi untuk anda, mau cetak kalender sendiri? Buat perusahaan? Atau instansi-instansi lain?
Di sini tempatnya, langsung aja berkunjung ke cetak kalender 2014
Dijamin
kamu bisa menemukan berbagai design, berbagai font, berbagai macam bentuk kalender. Tidak hanya kalender 2014 saja sob. Anda juga bisa cetak berbagai kalender yang anda mau!

Tidak hanya itu, banyak perusahaan-perusahaan besar seperti Duta Surya Sukses dan PT.Hexagon telah mempercayai perusahaan satu ini sob.

www.ceraproduction.com mempunyai kualitas ter-baik, ter-murah, dan ter-jamin!

Percetakaan kalender beralamat

Main Office:
TONDEO BUILDING
Jl. Pawirokuat 21 Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta, Indonesia 55283

Disamping itu, apakah anda bingung haruskah berkunjung ke tkp? tidak perlu khawatir, Cera Production memiliki pelayanan online yang disuguhkan oleh Cera Production ini sangatlah nyaman. Dengan design blog yang simpel tapi menarik, serta dalam web ini kita bisa melihat macam - macam kalender 2014 dengan spesifikasi yang kita inginkan. Dan dengan harga yang sudah tercantum. WOW!! Web yang satu ini perlu diberi acungan jempol. Para pemesan hanya tinggal "mendaftar" untuk bisa me-order.
Terlihat dari alur pemesanan, pembayaran, hingga pengiriman dilakukan secara profesional. Bahkan, tersedia layanan "bantuan" dari karyawan Cera Production.

Tidak hanya memesan, dalam website yang satu ini kita dapat melihat berbagai produk dari Cera Production. Produk yang dapat kita lihat, misalnya mug, jam meja, bolpoint, bantal mobil, payung, topi, dan masih banyak lagi. Tidak hanya itu percetakan kalender yang terkenal murah ini menghadirkan berbagai macam jasa percetakan. Terutama KALENDER 2014.

Kembali ke topik pembicaraan. Mungkin perusahaan atau anda ingin memesan kalender yang bermotif tertentu? Masih kurang yakin akan hasilnya? Apakah biayanya terlalu mahal?
Cera Production memiliki pelayanan yang tergolong mumpuni untuk soal yang satu ini. Perusahaan percetakaan yang berkantor pusat di Yogyakarta ini memperkenalkan percetakan KALENDER MURAH . .

Harga murah, kualitas bagus tentu diusung oleh perusahaan yang satu ini. 
Masih kuarang murah? Masih bisa nego Hubungi 0274 828 5208 (Telp) 0817 541 2812 (SMS)


Dengan mengisi data diri, yaitu nama, email, nomor hp, subjek dan pesan anda langsung bisa memesan kalender 2014. Terlebih lagi anda yang memesan untuk wilayah YOGYAKARTA, bisa memesan tanpa memperdulikan ongkir (ongkos kirim), yap, ongkos kirim untuk wilayah Yogyakarta sebesar Rp.0,- alias GRATIS!

Untuk itu, jangan menunggu bulan akhir untuk memesan KALENDER 2014 disini, sekarang juga bisa. Langsung saja menuju ke cetak kalender 2014

KALENDER MURAH, BERKUALITAS

Rabu, 15 Mei 2013

Everlasting Beat of 38 Unisi Radio Jogja -- @Rizkianggra



Mohon dibuka dan dinikmati, serta likenya ya di
http://www.youtube.com/watch?v=tQd-lh5Km4A&feature=youtu.be

Sabtu, 27 April 2013

TERJEBAK

Suddenly i found this, this is my first time i writing short story. Located: In my old folder.

TERJEBAK

Pagi itu hari minggu, suasana tampak tidak seperti biasanya, sang surya belum juga muncul tetapi Shanti telah bangun dari tidurnya. Pantas saja Shanti bangun lebih pagi, karena hari ini merupakan hari ulang tahunnya ke-8. Kedua orang tua Shanti telah 1 bulan pergi keluar kota untuk tugas kerjanya. Hari ini kedua orang tua Shanti akan pulang dan merayakan hari ulang tahun anaknya. Ketika orang tua Shanti pergi ke luar kota, Shanti tinggal bersama bibi Rosa dan paman Zaenal.
            “Shanti, tumben kamu bangun pagi, ada apa ?” tanya bibi Rosa dengan penasaran.
            “Bibi, hari ini hari ulang tahun Shanti. Papa dan mama pulang jam berapa bi?” kata Shanti dengan wajah senangnya.
            “Oh, ... iya, bibi hampir aja lupa. Orang tua Shanti pulang jam 4 sore, nanti kita jemput orang tua Shanti di bandara ya?” jawab bibi Rosa.
            “Iya-iya bi, nanti kita jemput bersama ya.” Tanggap Shanti dengan riang.
            Pagi itu suasana tampak bahagia, paman dan bibi Shanti memberikan ucapan dan hadiah kepada Shanti. Bibi Rosa memberikan hadiah sebuah tas kecil berwarna merah muda. Paman Zaenal memberikan hadiah sebuah botol minum yang cantik.
            “Paman, bibi, terimakasih buat kadonya ya.” ucap Shanti sambil menerima hadiah dari paman dan bibinya,
            “Iya, sama-sama Shanti. Semoga Shanti menjadi anak yang sholehah, berbakti kepada orang tua dan juga pintar. Amiin.” kata paman Zaenal.
            “Ayo Shanti.... sekarang bibi mau masak spesial buat kamu, tapi Shanti bantu bibi ya.” Bujuk bibi Rosa.
            “Oke bibi, Shanti siap membantu.” jawab Shanti dengan semangat.
            Jam menunjukan pukul 09.00 WIB. Mereka kemudian menuju ke dapur untuk memasak. Mereka berdua memasak puding dengan krim diatas. Masakan itu sengaja dibuat oleh bibi Rosa untuk merayakan hari ulang tahun Shanti. Ketika sedang memasak paman Zaenal sedang ada tugas dan akan pulang sekitar pukul 3 sore. Shanti dan bibinya sangat asik memasak.
            Setelah puding itu telah matang Shanti dan bibinya memakannya di ruang makan. Puding itu terasa sangat enak, tetapi tiba-tiba Shanti terdiam seperti sedang sedih.
            “Ada apa Shanti, kok muram?” tanya bibi Rosa.
            “Shanti kangen sama papa dan mama,bi.” jawab Shanti dengan nada sedih.
            “Oh, itu.... Nanti juga mereka akan pulang, Shanti nggak usah sedih ya.” rayu bibi Rosa.
            “Iya bibi.” jawab singkat Shanti.
            Mereka lalu menghabiskan puding itu sampai bersih. Kemudian bibi Rosa tiba-tiba menuju ke kamarnya untuk mengambil handphone. Bibi Rosa berniat untuk menghubungi kedua orang tua Shanti. Shanti sudah tau yang akan dilakukan oleh bibinya yang membawa handphone. Shanti sangat senang dan tidak sabar untuk menelpon orang tuanya.
            “Hallo, Assalamu’alaikum.” kata mama Shanti
            “Wa’alaikumsallam, mama ini Shanti. Gimana kabarnya? Nanti jangan lupa belikan hadiah buat Shanti ya.” jawab Shanti dengan senang.
            “Oh...Shanti, mama baik-baik aja kok. Iya nak nanti mama sama papa pasti belikan kamu hadiah.” tanggap mama Shanti.
            Kurang lebih 30 menit Shanti dan mamanya bercakap-cakap. Shanti merasa senang dan bahagia, karena dapat mengetahui kabar orang tuanya.

            Tidak terasa waktu telah menunjukkan pukul 3 sore. Shanti, bibi Rosa dan paman Zaenal yang telah pulang, bersiap untuk menjemput orang tua Shanti di bandara. Di perjalanan Shanti tampak riang dan bernyanyi-nyanyi senang.
            Setelah sampai di bandara mereka menuju lobi dan menunggu orang tua Shanti. Tetapi, paman dan bibi Shanti berjalan menuju di ruang tunggu yang letaknya lebig ke dalam dan lupa mengajak Shanti. Shanti yang dari tadi asik melihat denah bandara, tiba-tiba ia berlari menuju toilet tanpa mengetahui kalau paman dan bibinya pergi. Shanti yang sudah tidak tahan tersebut menuju ke toilet wanita, ternyata di dalam toilet sedang penuh dipakai semua. Kecuali satu pintu yang terbuka lebar, tanpa berpikir panjang Shanti masuk dan mengunci toilet tersebut. Tanpa disadari, toilet yang dipakai Shanti rusak dan tidak dapat terbuka. Shanti baru menyadarinya sekitar 15 menit kemudian. Shanti berusaha membuka toilet tersebut, tetapi tidak bisa. Shanti pun meminta tolong, tetapi tidak ada orang di dalamnya karena sudah sore.
            “Toloooooong!!!!!!!! Aku terkunci.......” teriak Shanti dengan menangis.
            Tiba-tiba sebuah penjaga yang lewat di depan toilet wanita itu, mendengar tangisan dan teriakan Shanti. Tetapi satpam tersebut justru takut dan dikiranya hantu, satpam tersebut lari dan hanya dapat diam karena takut.
            Paman dan bibi Shanti akhirnya bertemu dengan orang tua Shanti, saat itu juga mereka baru menyadari bahwa Shanti hilang. Mereka melapor kepada petugas keamanan, dan mencarinya di seluruh penjuru bandara, tetapi tetap tidak ketemu. Kecuali satu tempat, yaitu toilet. Satpam yang ketakutan tadi hanya bisa diam dan tidak dapat berbicara. Waktu menunjukkan pukul 6 sore, hampir 2 jam Shanti terjebak. Shanti tetap saja menangis dan menangis. Orang tua Shanti sangat panik dan sedih, tetapi bibinya melihat tingkah laku satpam yang aneh. Lalu ia bertanya kepada satpam itu.
            ”Pak, kenapa bapak terlihat takut?” tanya bibi Rosa.
            “Eh..eh..eh...anu buk, tadi saya mendengar suara tangisan hantu di depan toilet wanita. Dia juga minta tolong bu!” terang satpam sambil gemetar.
            “Hah, mungkin saja itu Shanti. Ayo coba kita kesana!” perintah bibi Rosa.
            Mereka pun menuju ke toilet wanita tersebut. Benar saja terdengar suara wanita menangis.
            “Hmmmm....heeeemmm” tangis Shanti yang telah kehabisan duaranya.
            “Shanti, Shanti” teriak bibinya.
            “Bibi, tolong pintunya terkunci bi.” jawab Shanti.
            Akhirnya Shanti dapat keluar dari toilet yang rusak itu. Shanti kemudian bertemu orang tuanya. Mereka pulang ke rumah dan merayakan ualang tahun Shanti.
            “Ini, pengalaman yang berharga buat Shanti dan semuanya!” terang Shanti kepada orang tua, paman dan bibinya.

Jumat, 26 April 2013

KERATON SURAKARTA




KRATON  SURAKARTA

BAB  I
Pendahuluan
Sekilas Sejarah
Kraton Surakarta
            Tahun masehi 1742 terjadilah pemberontakkan yang dilakukan oleh orang–orang Cina yang dipimpin oleh Raden mas Garendi di Kartasura dan berhasil menduduki Karaton Surakarta. Raden mas Garendi adalah putra Pangeran Teposono, sedangkan Pangeran Teposono adalah putra Susuhunan Hamangkurat II ( Hamangkurat Amral ). Pemberontakan di Kartasura ini dikenal peristiwa Geger Pacinan atau bedahnya Karaton Kartasura atau awal jatuhnya Karaton Kartasura. Saat para pemberontak menduduki Karaton Kartasura yang saat itu diperintah oleh Susuhunan Paku Buwono II, Susuhunan Paku Buwono II beserta pengawal dan abdi dalem yang setia, mengungsi ke Ponorogo, Jawa Timur. Setelah Raden Mas Garendi berhasil menduduki Karaton Kartasura dikenal dengan nama Sunan Kuning atau Hamangkurat V.
            Susuhunan Paku Buwono II berhasil merebut kembali Karaton Kartasura dari kaum pemberontak, namun Karaton Kartasura sudah dalam keadaan rusak sehingga tidak pantas untuk dijadikan Karaton lagi.Susuhunan Paku Buwono II berkehendahk memindahkan Karaton Kartasura di Desa Sala, letaknya 14 kilometer dari tempat semula.
            Demikianlah atas kehendak Susuhunan Paku Buwono II didirikan sebuah Karaton yang baru di Desa Sala, Susuhunan Paku Buwono II secara resmi Desa Sala diganti nama menjadi Karaton Surakarta Hadiningrat, meneruskan Karaton Kartasura.
            Adapun tahun berdirinya Karaton Surakarta Hadiningrat diambil dari kepindahan Karaton Kartasura ke Desa Sala, pada hari Rabu Tanggal 17 Suro tahun je 1670, sinengkalan “Kombuling Pudya Kapyarsihing Nata” (tahun Jawa 1670) atau 17 Februari 1745.
            Menurut jangka atau ramalan yang dipercaya oleh masyarakat Jawa tradisional, Desa Sala akan membawa keberkahan dan keselamatan sehingga pantas untuk dibangun sebuah Karaton sebagai penerus Karaton Kartasura. Raden Tumenggung Honggowongso, seorang abdi dalem Susuhunan Paku Buwono II dan juga ahli kebatinan, meramalkan, bahwa Karaton Surakarta berusia 200 tahun. Bahwa telah ada “weca” (ucapan yang menjadi kenyataan), yang menyebutkan bahwa “sanadyan kari sak megaring paying, tetep lestari”. Maksudnya, jika Karaton Surakarta berdiri di Desa Sala, Karaton tetap ada, eksis meskipun daerah kekuasaannya tinggal selebar terbukanya paying.
            Karaton Surakarta pertama kali diperintah oleh Ingkang Sinuhun kangjeng Susuhunan Paku Buwono II. Beliau merupakan Raja terakhir Karaton Kartasura dan pendiri Karaton Surakarta. Susuhunan Paku Buwono II adalah putra nomor 10 dari Susuhunan Hamangkurat Jawa yang memerintah Karaton Kartasura, lahir dari Prameswaridalem (garwa padmi). Sebelum menjadi Paku Buwono II, Bernama Raden Mas gusti Proboyoso.
            Susuhunan Paku Buwono II memerintah Karaton Surakarta hanya 4 tahun lamanya (tahun 1745 – 1749 Masehi/1670 – 1674 Jawa) dan menurunkan Susuhunan Paku Buwono berikutnya sampai sekarang.


BAB  II
Ada tiga tempat pilihan untuk dijadikan karaton yang baru
            Susuhunan Paku Buwono II sekembalinya dari pengungsian di Ponorogo Jawa Timur, berhasil merebut kembali karaton Kartasura dari kaum pemberontak, yang dipimpin Raden Mas Garendi. Namun Karaton Kartasura sudah dalam keadaan rusak sehingga tidak pantas untuk dijadikan Karaton lagi.Susuhunan Paku Buwono II berkehendahk memindahkan Karaton Kartasura ke tempat lain.
Sebelumnya ada tiga tempat untuk dipilih menjadi karaton yang baru sebagai penerus Karaton Kartasura yang telah rusak. Tiga tempat itu yakni :
a)      Kadipolo
b)      Sonosewu
c)      Desa atau dusun Sala
Para utusan diperintahkan untuk meneliti ketiga tempat tersebut  layak atau tidaknya untuk dijadikan karaton. Setelah diadakan penelitian dan dipertimbangkan oleh abdi dalem dan Susuhunan Paku Buwono II, mereka setuju bahwa Desa Sala untuk dijadikan karaton yang baru.


BAB  III

Berdirinya Karaton Surakarta

            Karaton Surakarta Hadiningrat atau Karaton Kasunanan Surakarta, didirikan oleh ingkang Sinuhun Kangjeng Susuhunan Paku Buwono II tanggal 17 Suro tahun Je 1670 atau bertepatan 17 Februari 1745, hari Rabu.
Susuhunan Paku Buwono II  merupakan Raja terakhir Karaton Kartasura dan pendiri Karaton Surakarta.
            Karaton Surakarta adalah penerus Karaton Kartasura dan Karaton Kartasura merupakan penerus Karaton Negara Mataram. Mataram adalah karaton yang didirikan oleh Kangjeng Panembahan Senopati Ing Ngalogo Sayidin Panatadinan pada akhir abad ke-16 Masehi.
            Terjadilah pemberontakkan yang dikenal dengan nama “geger Pacinan” atau kerusuhan di Kartasura yang di lakukan oleh orang Cina yang dipimpin oleh Raden Mas Garendi, yang berhasil menduduki Karaton Kartasura. Beliau merupakan putra Pangeran Teposeno.
            Dalam catatan arsip Karaon Surakarta diperingati kepindahan Karaton Kartasura ke Desa Sala dalam sekar Dangdanggula:

Sigra jengkar saking Kartawani,
Ngalih kadaton mring dusun Sala,
Busekan sapraja balane,

Kebut sawadya balane
Buseken sapraja gung,
Pinengketan hangkate uni,
Hanuju hari Buda enjing wancinipun,
Wimbaning lek ping Sapta Wlas,
Sura Je Kombuling Pudya Kapyarsi,
Hing Nata kang sangkala.

Nata lenggah ing bangsal Pangrawit,
Para opsir kalawan Kumendan,
Samya ngadeg neng kirine,
Bangsal lenggahan Prabu,
Pra prajurit bahjeng habaris,
Kumpeni miwa jawa haneng halun-halun,
Sri Narendra lon ngandika,
Dusun Sala hingelih nama Nagari,
Surakarta Diningrat.

Atas kehendak Susuhunan Paku Buwono II, nama Desa Sala secara resmi menjadi NAGARI SURAKARTA HADINGRAT atau nama Desa Sala diganti menjadi Nagari Surakarta Hadingrat.
Nama Desa Sala adalah berasal dari nama seorang sesepuh ketika itu yang bernama Kyai Sala atau Ki Gede Sala. Kyai Sala masih abdi dalem Karaton Kartasura.
Nama-nama yang pantas dicatat dalam sejarah kepindahan Karaton Kartasura ke Desa Sala yang kemudian menjadi Nagari atau Karaton Surakarta Hadiningrat misalnya :
1.      Pangeran Wijil
2.      Raden Tumenggung Honggowongso (Ahli kebatinan Karaton Kartasura/abdi dalem)
3.      Raden Tumenggung Tirtowiguno (pujangga)
4.      Pujangga Kyai Yosodipura Tus Pajang (Yosodipura I)
5.      Patih Adipati Pringgoloyo
6.      Patih Adipati Sinduredjo
7.      Kyai Khalifah Buyut
8.      Mas Penghulu Pekik Ibrahim
9.      Kyai Tohjoyo
10.  Kyai Gede Sala (Kyai Sala)
Berdirilah Nagari ataui IKaratonSurakrta di atas Desa Sala sebagai penerus Karaton Kartasura atau kelanjutan Dinasti Mataram.Sekarang Karaton Surakarta diperintah oleh Ingkang Sinuhun Kangjeng Susuhunan Paku Buwono XII, keturunan pancer kakung (garis laki-laki) Susuhunan Paku Buwono II. Susuhunan Paku Buwono XII tahta tahun Masehi 1945, sebulan sebelum Kemerdekaan RI.
            Karaton berasal dari kata dasar (Jawa: lingga) “Ratu”, ditambah awalan “ka” dan akhiran “an” menjadi”Ka-ratu-an”. Kemudian ka-ratu-an dipercepat pengucapannya menjadi “KARATON” yang beararti tempat tinggal atau kediaman resmi RATU (Raja) beserta keluarganya.
            Dahulu Karaton Surakarta merupakan :Negara (Negari)” yang memiliki susunan asli, berpemerintahan sendiri (otonomi), memiliki daerah/wilayah tertentu. Karaton Surakarta Hadiningrat telah “ada” jauh sebelum berdirinya Negara Gepublik Indonesia .
            Dengan demikian Karaton Surakarta adalah peninggalan asli Indonesia kultur Jawa yang memiliki susunan asli. Namun dalam negara kesatuan Republik Indonesia , Karaton Surakarta adalah sebuah “lembaga” masyarakat kerabat atau adat atau masyarakat hokum adat berdasarkan ikatan kekeluargaan.
            Sifat Istimewa dari Karaton Surakarta, adalah sifat pemerintahannya turun-temurun dari Ratu sebelumnya ke Ratu berikutnya, berdasarkan hak asal-usul yang telah ada jauh sebelum terbentuknya Negara Indonesia.

Kamis, 28 Maret 2013

DELAYOTA ART#7

DELART#7

DELAYOTA Present :

DELAYOTA ART #7. Taman Budaya Yogyakarta 29 - 31 Maret 2013. Pameran seni, Lomba seni TK - SMA dan Umum, Delaviesta, Pagelaran Tunggal Teater 10.
CP : 081904252554 (Alvin)




PAGELARAN TEATER