Selasa, 25 Oktober 2011

Budaya Indonesia

BUDAYA INDONESIA


           
Indonesia adalah merupakan salah satu negara di Asia Tenggara yang memiliki suku dan budaya yang kaya, budaya tersebut berada di setiap daerah dari Sabang sampai Merauke. Bydaya – budaya tersebut lahir dari adat istiadat di masing daerah yang berkembang. Keanekaragaman adat istiadat tersebut terdapat di sedemikian banyk nya daerah yang memiliki suku masyarakat nya sendiri, hal inilah yang membuat budaya itu sendiri pun menjadi sedemikian banyak nya.

            Setiap daerah memiliki budaya yang memiliki cirri khas masing-masing, sehingga hampir setiap budaya tidak ada yang sama. Perbedaan budaya tersebut menjadi sebuah kekayaan yang tiada harganya bagi kita rakyat Indonesia. Umumnya budaya tersebut mencerminkan kebiasaan, cara hidup dan norma peraturan adat yang berlaku. Seperti masyarakat Sulawesi yang meletakan jenazah orang yang sudah mati di dalam gua diatas bukit.

            Seperti di tanah Toraja misalnya, terdapat sebuah upacara adat yang akan memotong seekor kerbau, kerbau yang akan dipilih untuk dipotong adalah kerbau terbaik yang harga nya tentu sangat mahal. Budaya menari tor – tor misalnya, budaya ini bersal dari Sumatera Utara yang akan melakukan tarian tor – tor tersebut pada acara – acara perayaan adat maupun acara antara sesama keluarga.

            Budaya-budaya ini adalah merupakan warisan masyarakat Indonesia kepada para pemuda sebagai penerus bangsa. Kita semua memiliki tanggung jawab yang sama dalam menjaga dan melestarikan budaya tersebut, sebagai bukti cinta tanah air kita. Marilah kita bersama-sama melestarikan budaya dan adat istiadat yang menjadi salah satu kekayaan bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar